9 Cara Tips Memilih Smartphone Gaming

 

 

 

 

 

Kiranya tidak asing lagi pada saat ini mobile games sudah berkembang dengan pesat, dahulu bermain game lebih sering dimainkan di PC dan konsul, namun saat ini pengguna  smartphone dan tablet sudah cukup dimanjakan dengan munculnya game-game berkualitas yang bahkan dari segi grafik tampilannya tidak kalah dengan game yang dimainkan di PC dan konsul, hal ini tidak terlepas dari perkembangan sistem operasi mobile itu sendiri yang sudah kian canggih, khususnya OS Android dan iOS.

Selain itu, perkembangan hardware juga berkembang pesat. Terutama prosesor yang kemampuannya semakin mumpuni bahkan mengalahkan spesifikasi komputer. Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan agar kamu benar-benar mendapatkan smartphone yang cocok gaming. Berikut kami jelaskan cara memilih smartphone Android untuk gaming.

1. Chipset atau Prosesor?

Salah satu komponen penting yang menompang saat bermain game adalah SoC (System on Chip). Sederhananya SoC bisa dibilang sebagai otak dari smartphone. SoC terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi berbeda, seperti prosesorGPU, modem dan berbagai komponen lain yang mengatur pemprosesan data.

Kebanyakan orang suka menyamakan penyebutan prosesor dan SoC atau chipset, yang seharusnya adalah kalau ditanya smartphone ini prosesornya apa, jawabannya adalah single-coredual-corequad-corehexa-core,octa-core, dan deca-core. Kalau chipset, baru menyebutkan model dan mereknya, contohnya Qualcomm Snapdragon 820 atau MediaTek Helio X25, itu adalah chipset dan prosesor sendiri hanya salah satu bagian dari chipset.

2. Jumlah Core belum tentu menentukan performa

Jumlah core itu sendiri, bukanlah suatu jaminan cepat atau tidaknya performa smartphone. Jadi, jangan tergiur dengan jumlah core yang banyak. Prosesor yang dioptimasi bisa lebih powerful ketimbang jumlah, contohnyachipset Apple A9 pada iPhone 6S. Hanya mengandalkan prosesor dual core 1,84GHz, tapi soal performanya tak perlu diragukan lagi bukan?

3. Kenali Jenis Chipset

tips beli smartphone untuk gaming jenis chipset qualcomm

Tips beli Android untuk game berikutnya adalah perhatikan jenis chipset, inilah yang menentukan bagus atau tidaknya performa sebuah smartphone. Di ranah mobile ini, chipset dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek. Chipset yang terbaru Qualcomm adalah Snapdragon 820 dengan mengandalkan prosesor quad-core. Sementara dari MediaTek ada Helio X25 yang mengandalkan CPU deca-core atau sepuluh inti.

Apabila mempunyai budget yang cukup banyak tentu tidak ada masalah memiliki smartphone flagship yang ditenagai chipset Snapdragon 820. Namun apabila untuk tight budget, kamu bisa cari alternatif dengan membeli model generasi sebelumnya. Lihat tabel untuk lebih jelas.

Kelas Chipset
Seri Snapdragon 800 Snapdragon 820, Snapdragon 810, Snapragon 808, Snapragon 805, Snapragon 801, Snapgragon 800
Seri Snapgragon 600 Snapdragon 652, Snapdragon 650,Snapdragon 617, Snapdragon 616, Snapdragon 615,Snapdragon 610, Snapdragon 600
Seri Snapdragon 400 Snapgragon 435, Snapdragon 430, Snapdragon 425, Snapdragon 415, Snapdragon 412, Snapdragon 410, Snapragon 400
Seri Snapdragon 200 Snapdragon 212, Snapdragon 210, Snapdragon 208, Snapdragon 200

4. Chipset Menengah Terbaru atau Chipset Kelas Atas Lama?

tips beli smartphone untuk gaming chipset baru atau lama

Kalau kamu merasa gamer sejati, namun terpentok dana carilah smartphone dengan chipset Snapdragon 810atau Snapragon 808 yang terdapat di smartphone flagship tahun lalu. Sementara, untuk smartphone kelas menengah kamu bisa cari smartphone dengan chipset minimal Snapdragon 615. Untuk seri Snapdragon 400 lebih cocok kegiatan normal sehari-hari, seperti menangani sosial media. Selain Chipset Qualcomm pesaing utamanya MediaTek juga mempunyai chipset yang cukup mumpuni seperti chipset Helios x25 yang mempunyai kinerja yang sama baik dengan pesainnya Qualcomm Snapdragon 820, namun jika budget terbatas bisa juga pilihan terbaik jatuh ke Chipset Helios P10 atau Chipset Helios X10.

5. RAM dan Memori Internal yang Ideal

tips beli smartphone untuk game ram dan memori internal

Tips beli Android untuk game berikutnya adalah RAM dan memori internal. RAM adalah tempat dimana game kamu akan disimpan sementara untuk diakses oleh prosesor dan GPU, sementara memori internal berguna untuk menyimpan data secara permanen.

Demi kenyamanan bermain game, RAM yang ditubuhkan untuk Android jaman sekarang adalah minimal 2GB tapi sangat disarankan cari yang RAM 3GB. Sementara, memori internal yang dibutuhkan adalah minimal 16GB.

6. Tak Perlu Khawatir Lagi Soal GPU

tips beli smartphone untuk gaming gpu

GPU juga merupakan bagian penting dalam bermain game, pada prinsipnya GPU mirip dengan CPU namun yang diproses hanyalah yang berhubungan dengan grafis. Karena grafis adalah bagian utama dari game maka GPU yang kencang akan membuat pengalaman bermain semakin seru.

GPU juga bertugas untuk mengolah efek-efek game, GPU yang lebih baik bukan hanya membuat game lebihsmooth tapi juga akan membuat game penuh dengan efek. Nah kini kamu enggak perlu repot-repot lagi nyari smartphone dengan GPU yang bagus, karena sudah termasuk satu paket dengan SoC (System on Chip). Intinya apabila chipsetnya bagus, sudah pasti GPU-nya juga bagus.

8. Layar dan Baterai

full hd or quad hd

Rincian di atas sudah cukup jelas, untuk menikmati grafis yang memukau, tergantung dari resolusi layar juga. Minimal cari smartphone dengan resolusi 720p atau 1080p, lebih baik lagi yang sudah Quad HD. Untuk hitungan besaran besaran dan jenis layar sesuai selera calon pembeli smartphone. Masalah baterai, direkomendasikan yang bekali baterai 3.000 mAh.

9. Rekomendasi Smartphone

tips beli smartphone untuk gaming rekomendasi hp game

Hasrat yang menggebu-gebu seringkali terpentok dana yang terbatas, Kalau kebetulan kamu sudah merencanakan menabung dan memang sengaja mengalokasikan dana setiap bulannya untuk membeli smartphone Android khusus game, lihat tabel untuk referensi rekomendasi smartphone.

Kelas Nama Smartphone Jenis Chipset
Flagship Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 Edge, LG G5, Sony Xperia X Performance, Xiaomi Mi 5, HTC 10 Chipset Snapdragon 820
Flagship
2015
Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy S6 Edge Plus, Samsung Galaxy Note5 Chipset Exynos 7420 Octa
- Sony Xperia Z5, Sony Xperia Z5 Premium, Sony Xperia Z5 Compact, HTC 10, One Plus Two Snapdragon 810
- LG G4, Xiaomi Mi4s Snapdragon 808
Midranger Xiaomi Redmi 3, Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Mi Max, Oppo F1, Oppo F1 Plus, ASUS Zenfone Selfie Seri Snapdragon 600

Kesimpulan

tips beli smartphone untuk gaming kesimpulan

Memilih Smartphone untuk Gaming yang perlu diperhatikan adalah budget yang dimiliki, tentu dengan budget yang besar tidak terdapat kesulitan untuk memilih gadget yang diinginkan, namun apabila budget terbatas harus pintar-pintar menyesuaikan dengan requirement spec yang dibutuhkan untuk game yang sedang atau ingin dimainkan, lalu untuk pilihan spec yang lebih mengerucut yang perlu diperhatikan sebelum membeli Smartphone Gaming adalah, 1. System of Chip & Prosesor, 2. RAM dan internal Storage

LATEST NEWS

You will get 1x Starting Pack!

CEO Perusahaan Game mengalahkan Kekayaan Jack Ma

4 hal mengenai Android P

4 Smartphone Android Terbaru dan Terbaik di Ajang CES 2018

Kejutan kreatif untuk pecinta Nintendo