Raksasa Perusahaan Game di China, Tencent!

Pendiri dan CEO Tencent Ma Huateng sekarang adalah orang terkaya di China.



Menurut Daftar Global Rich dari Hurun Report tahun 2018, sang mogul teknologi memenangkan 819 milyarder lainnya dari daftar teratas. China juga telah melihat peningkatan 210 milyarder dibandingkan tahun lalu yang memiliki persentasi 40% lebih banyak dibanding US.

Huateng dilaporkan memiliki kekayaan sekitar USD 46,6 miliar yang membawanya melonjak 23 tempat ke daftar orang paling kaya sedunia dan sekarang berada diposisi ke 15.

Sementara Forbes mengklaim bahwa Huateng juga lebih kaya daripada pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin. CEO Tencent adalah milyuner China pertama yang masuk dalam 10 orang terkaya di dunia pada November 2017, setahun ketika perusahaan tersebut juga menjadi perusahaan Cina pertama yang berhasil meraih pasar sebesar USD 500 miliar. Bahkan Huateng pun sukses mendapatkan revenue yang lebih baik pada tahun lalu dengan mengalahkan pendahulu Sony dan Activision Blizzard

Tencent telah menjadi pemain kunci di pasar game global selama bertahun-tahun dengan investasi keseluruhan di studio. Terutama memiliki saham mayoritas di developer Clash Royale Supercell, dengan pengaruhnya juga menyebar ke orang-orang seperti Epic Games, Pocket Gems, Glu Mobile, Miniclip and Riot Games.

Baru-baru ini perusahaannya mengambil hak atas dua game official Playerunknown's Battlegrounds untuk mobile, yang dengan cepat menjadi dua aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia di App Store IOS pada hari-hari setelah peluncuran mereka di bulan Februari.


PUBG-Thrilling-Battlefield-696x344 by riskih

Tidak hanya permainan, perusahaannya juga memiliki investasi di berbagai industri termasuk layanan medis, film, internet dan AI, untuk beberapa nama. Pada akhirnya industri game cukup potensial untuk meraih profit yang cukup besar terbukti dengan Tencent yang menjadi perusahaan raksasa di China.